ASYIKNYA BERFIKIR ILMIAH DENGAN BERGELUT DIDUNIA BLOG

APA SIH BLOG ITU
Hai guys, pernah dengar kata blog. Blog adalah sebuah layanan publikasi yang dibuat oleh Pyra Labs yang bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya yang kalian miliki, karya-karya tersebut adalah berupa Karya Tulis,  Seni Fotographi dan Seni Audiovisual. Namun sebahagian besar bloger banyak menaruh karya tulis mereka, baik yang sifatnya Ilmiah maupun yang bersifat Imajinasi. dalam blog tersebut biasanya yang paling banyak dicantumkan para bloger seperti Artikel, Essai, Puisi dan Catatan Hati. Adapun Seni Fotographi biasanya para bloger hanya mencantumkan sekilas sebagai penjelas dari Tulisannya. sedangkan Seni Audiovisual biasanya agak dipertimbangkan karna untuk mengaploudnya membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya agak sulit karna memakan banyak waktu, tapi tergantung jaringannya juga sich mungkin heheheh. Sebenarnya blog sudah ada sejak 23 Agustus 1999 dan mulai diakuisasi oleh Google pada tahun 2003 yang secara otomatis menjadi dibawah naungan Google yang kemudian menjadi Subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan di Server lain, melalui FTP hingga tanggal 1 Mei 2010, tanggal tersebut semua blog harus disimpan diserver Google, namun meskipun demikian pengguna juga dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur URL http://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_%28layanan%29, Bagaimana tertarik. Dalam dunia blog karya tulis ilmiah biasanya disebut dengan konten, seseorang yang memiliki blog disebut Blogger. Blogger juga merupakan nama komersil dari platform dan hosting blog gratis milik google (yang lebih dikenal dengan nama ekstensi), jika pembaca biasanya disebut dengan istilah Reader, maka Blogging adalah Aktivitas menulis atau chating di dalam blog. Bisa juga berarti aktivitas yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger (misalnya berinteraksi dengan pembaca, mempersiapkan materi konten, dan lain-lain). dan Keyword: atau kata pencarian yang digunakan untuk mencari data di search engine. sedangkan untuk istilah yang lainnya silahkan klik disini : http://www.e-handbook.web.id/2009/06/kamus-istilah-blogger.html.
Hampir sebahagian dari para pembaca sudah banyak yang mengenal blog, namun ada juga sebahagian dari kita yang belum mengetahui apa itu blog. dan penulis juga pada dasarnya sudah mengetahui blog sejak tahun 2009 namun untuk mau menggelutinya baru pada tahun 2014, sangat jauh bukan rentang waktunya. Penulis baru mengetahui asiknya ngeblog sejak bekerja sebagai seorang pengajar di salah satu sekolah swasta. Ngeblog ada banyak manfaatnya seperti membuat fikiran kita fokus pada satu dunia yaitu dunia jurnalis, ngeblog juga menjadikan kita percaya diri karna akan menghubungkan kita dengan orang-orang yang memiliki wawasan yang luas, ngeblog juga mampu menjadikan sarana freelance bagi orang-orang yang kreatif dan tidak kalah penting ngeblog juga mampu menjadikan seseorang menjadi pemikir yang ilmiah, keren bukan. 
banyak membaca merupakan modal utama yang mesti dipegang para Bloger untuk dapat produktif dalam membuat konten yang bermutu. Membaca buku, koran dan artikel akan membantu para blogger untuk terhadap masalah disekitar kita, hal itu mesti dilakukan karna akan sulit nantinya menulis artikel jika kita malas membaca, selain itu untuk menghasilkan artikel yang menarik sebaiknya artikel itu mengandung karya tulis ilmiah, karna selain sebagai bahan untuk mengevaluasi diri konten juga diharuskan akan memberikan pelajaran dari pembacanya. 
Salah satu keunggulan dari ngeblog yaitu kita hanya perlu memasukan kata yang ingin diketahui (Keywoork) lalu klik maka muncullah bahan untuk konten kita nantinya. hal itu biasa dilakukan para Bloger untuk menambah referensi. dengan cara seperti itu maka mempermudah para bloger untuk mampu menghasilkan konten yang ilmiah. karena dengan cara seperti itupula mempermudah bloger untuk mampu berfikir ilmiah. 
Dalam  berfikir ilmiah sangat penting bagi bloger karena jika blog kita isi dengan karya-karya yang bersifat ilmiah maka akan menjadikan blog itu menjadi menarik untuk dikunjungi. dan perlu diingat berfikir ilmiah itu salah satu syarat untuk menjadi seorang bloger yang handal.

BAGAIMANA LANGKAH-LANGKAH BERFIKIR ILMIAH
salah satu cara kita menjadi pemikir ilmiah adalah selalu peka dengan kejadian-kejadian yang ada disekitar kita, baik itu lingkungan disekitar ataupun lingkungan didalam keluarga kita. Berfikir ilmiah itu seperti apa sich? Berpikir Ilmiah merupakan suatu pemikiran atau tindakan seorang manusia yang menggunakan dasar-dasar ilmu tertentu. Sehingga ide tersebut dapat diterima orang lain. Berpikir ilmiah juga harus melalui proses yang panjang dan benar karena akan menyangkut kebenaran. Dalam berpikir ilmiah seseorang harus memperhatikan dasar-dasarnya. Yang didalamnya menyangkut apa,siapa,dimana,kapan,dan bagaimana. jadi jika kita memiliki intuisi untuk berfikir ilmiah maka dimana pun kita berada itu akan menjadi sebuah masalah, masalah yang harus kita pecahkan. lalu bagaimana caranya kita mampu menemukan pemikiran itu,  caranya yaitu dengan peka dulu terhadap lingkungan sekitar, lalu pahami kejadian-kejadian apa yang terjadi disekitarnya dan cobalah cari masalah yang ada pada kejadian tersebut, setelah itu belajarlah untuk mendekati masalah dan kemudian berfikirlah untuk menyelesaikan masalah tersebut. jika kita tidak mampu peka dengan kejadian-kejadian yang ada disekitar kita yang mesti dilakukan adalah selalu berusaha untuk berpikir positif, karena dengan berpikir positif tanpa sadar kita telah menciptakan intuisi ilmiah. berpikir positif sama halnya dengan melihat masalah yang ada disekitarnya sebagai sesuatu yang mesti dipertimbangkan bersama, untuk kemudian bersama-sama pula menyelesaikan masalah tersebut. berpikir ilmiah sangat bermanfaat bagi diri pribadi karna dengan berpikir ilmiah maka kita mampu membuat orang lain mempercayai diri kita pribadi dan mampu diterima oleh masyarakat luas, karena ketika kita berpikir ilmiah maka pendapat yang akan kita keluarkan cenderung sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi dan mampu meyakini sesuatu yang benar karena terlebih dahulu yang berpikir ilmaih biasanya melakukan banyak pertimbangan dengan narasumber dengan dibantu dengan bukti-bukti yang kongkrit, selain itu orang yang berpikir ilmiah didalam kehidupannya mereka tidak mudah percaya kepada orang karena dalam prinsipnya tidak ada kata perkiraan atau hanya sekedar pendapat dalam hidupnya. karena pendapat dan tindakannya selalu didahului dengan penelitian. 
Langkah-langkah berfikir ilmiah yang perlu diketahui untuk memulai menulis yaitu yang mesti diketahui adalah rumus dalam penulisan karya tulis ilmiah yaitu 5 W + 1 H (What, Who, Where, When & How). Rumus itu berisi pertanyaan yang mesti diketahui terlebih dahulu oleh penulis sebelum memulai menulis karya tulis ilmiahnya. contohnya:
  • Kejadian apa yang terjadi? (What)
  • Siapa yang melakukan kejadian tersebut? (Who)
  • Dimana kejadian itu terjadi? (Where)
  • Kapan kejadian itu terjadi? (When)
  • dan Bagaimana kejadian itu terjadi? (How)
Setelah menjawab kelima pertanyaan tersebut, maka gunakanlah metode penelitian dalam menyusun kelima jawaban tersebut menjadi karya tulis ilmiah yang menarik untuk dibaca nantinya. Jadi metode tersebut secara berurut, Mengumpulkan Sumber (Heuristik), Mengkritik Sumber (Verifikasi), Merekonstruksi (Interpretasi), dan Menulis Hasil Penelitian (Historiografi). Selain Metode tersebut penulis juga diharuskan untuk mengetahui sifat-sifat sumber dan narasumber yang akan digunakan. Apakah sumber yang digunakan bersifat Primer atau hanya bersifat skunder. Sumber skunder sebenarnya dapat kita gunakan sebagai pelengkap dari karya tulis ilmiah, tapi alangkah baiknya kalau sumber yang kita gunakan adalah sumber primer. hal itu agar tulisan yang kita gunakan lebih valid dan berisi.
     
APAKAH KETERKAITAN ANTARA BERFIKIR ILMIAH DENGAN NGEBLOG
Di era yang serba canggih ini, kita dimudahkan dalam mencari informasi, hanya dengan duduk diteras dan kamar rumah, kita sudah dapat mengakses informasi yang ingin kita gunakan sebagai bahan referensi. Semakin cangginya alat-alat penyedia informasi di zaman ini memungkinkan kita untuk mampu bersaing dengan negara-negara yang maju. maka akan meruginya kita jika tidak ikut mengambil peran dalam era yang modern ini. jika dibandingkan dengan era sekarang buku yang dijadikan sumber utama untuk menggali informasi kini merupakan pilihan kedua setelah internet, karena internet menyediakan semua informasi yang kita butuhkan, tanpa harus mencari-cari toko buku. hampir sebahagian kita termasuk masyarakat modern, hampir sebahagian besar dari kota-kota besar mampu mengakses internet sebagai bahan ilmu pengetahuan mereka. 
dimana peran blog dalam era modern ini adalah media, kita bisa lihat dari sekian banyak jasa pengguna internet mereka lebih banyak menggunakan blog sebagai media ekspresi, dibandingkan dengan woordpad, Website ataupun Facebook. karena selain mudah blog juga termasuk hosting web yang paling mudah untuk digunakan, gratis jika dibandingkan dengan hosting website.
maka dengan berpokir ilmiah maka konten yang akan kita sajikan didalam blog kita akan memberi manfaat kepada para reader kita di blog. 
selamat mencoba   

Komentar

  1. salam kenal,..... blog yg bagus,..... tapi maaf jarak line-nya kok jauh2an,............

    BalasHapus
  2. Ruf sebenarnya di penelitian itu ada dicantumkan foto, namun ternyata nggak dimuat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer